Senin, 02 November 2009

SISTEM OPERASI

SISTEM OPERASI
SISTEM OPERASI
1.Sistem operasi (operating system) adalah kumpulan program yang mengontrol & mengatur seluruh kegiatan procesing dalam sistem komputer (mengendalikan sistem komputer).
Berdasarkan fungsinya, Sistem Operasi terdiri dari 3 bagian yaitu :

a) Control Program = management berupa pengendalian terhadap data masukan / keluaran,pengalokasian dalam piranti penyimpanan sekunder maupun dalam memory utama.

b) Processing Program = management yang mencakupi penyiapan,penjadwalan / pemantauan proses pada komputer.

c) Source Management = pengendalian terhadap pemakaian sumber daya sistem yang dilakukan oleh program sistem management.






Macam – macam OS (Sistem Operasi) :
1. DOS
DOS (disk operating system) merupakan sebutan pendek dari MS-DOS (Microsoft disk operating system). Pada awalnya MS-DOS adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft untuk IBM, yang digunakan pada PC IBM.
DOS adalah sistem operasi 16 bit yang tidak mendukung banyak pengguna (multiuser) dan multitasking.
DOS dirilis pada tahun 1982.

2. OS/2
OS/2 adalah sistem operasi untuk PC yang awalnya di kembangkan oleh Microsoft dan IBM, tetapi kemudian dijual dan dikelola oleh IBM. OS/2 kompatibel dengan DOS dan WINDOWS. Meski demikian, program yang ditulis secara khusus untuk dijalankan pada OS/2 tidak dapat dijalankan pada DOS atau WINDOWS.
OS/2 kurang populer di Indonesia.

3. Macintosh
dibuat oleh Apple computer. Macintosh yang diliris pada tahun 1984 mempunyai fitur graphical user interface (GUI) yang memanfaatkan window, icon, dan mouse untuk memudahkan penggunaan komputer.
Karena GUI merupakan bagian dari sistem operasi, maka semua aplikasi yang dijalankan pada komputer Macintosh mempunyai antarmuka yang mirip. Hal ini memudahkan pengguna mempelajari aplikasi baru.

4. UNIX
UNIX adalah sistem operasi yang mendukung multi-user dan multitasking yang dikembangkan di Bell Labs pada awal tahun 1970-an. UNIX adalah salah satu sistem operasi pertama yang ditulis dengan bahasa pemrograman tingkat tinggi,yaitu C.
Bell Labs mendistribusikan sistem opersi ini dengan kode sumbernya sehingga dapat diubah dan disesuaikan dengan kebutuhan yang khusus. Pada akhir tahun 1970-an terdapat banyak versi UNIX.
Dua macam UNIX di pasaran:
di produksi oleh AT&T yang dikenal dengan System V
dikembangkan oleh Barkeley University dan dikenal dengan BSD4.x (x=1, 2, 3).
Versi lain UNIX yang populer dan dapat dijalankan pada mikroprosesor Intel adalah FreeBSD.

5. LINUX
Secara teknis dan singkat dapat dikatakan, Linux adalah suatu sistem
operasi yang bersifat multi user dan multitasking. Sistem operasi ini mengimplementasikan standard POSIX. Linux dapat berinteroperasi secara baik dengan sistem operasi yang lain, termasuk Apple, Microsoft dan Novell.
Linux adalah implementasi sistem operasi UNIX yang didistribusikan dengan gratis dan open source. Linux kompatibel dengan berbagai platform hardware, termasuk mikroprosesor Intel, prosesor INTEL 386 dan yang lebih tinggi dan Motorola.
Pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvalds. linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991. Kemudian pada tanggal 5 Oktober 1991, Linus mengumumkan versi resmi Linux, yaitu versi 0.02 yang hanya dapat menjalankan shell bash (GNU Bourne Again Shell) dan gcc (GNU C Compiler). Karena bisa dedapatkan dengan gratis dan dapat berjalan pada banyak platform, termasuk PC dan Macintosh, Linux menjadi sangat populer.
Di Linux dikembangkan oleh banyak Distro antara lain : Redhat Linux, Mandriva Linux, Fedora Core, Open Suse, Ubuntu dll.
6. Windows
Windows adalah operating system produk dari Microsoft yang banyak dipakai saat ini
Pada tahun 1992, Microsoft memperkenalkan operating system Windows 3.1 merupakan suatu system operasi yang mengijinkan pemakai untuk menjalankan berbagai program secara serentak serta membagi informasi antara program-program yang ada. Program-program yang ada bisa ditampilkan dalam bentuk "jendela" dan pemakai bisa mengendalikannya secara mudah


Pada tanggal 17 Februari 2000 secara resmi Microsoft Corporation mengeluarkan system operasi terbarunya dengan nama Microsoft Windows 2000 Profesional. Windows 2000 ini memiliki ke-andalan manajemen dan keamanan, lebih mudah digunakan, lebih cepat, serta lebih kompatibel dengan pelbagai perangkat lunak maupun keras, mudah dikelola serta lebih aman

Pada 14 September 2000, Windows-Me direlease yang memiliki kemudahan pada saat bekerja dengan file, bekerja dengan web, bekerja dengan komputer lain yang terhubung, serta pelbagai kemudahan-kemudahan lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar