Senin, 02 November 2009

BASIS DATA

BASIS DATA

Gambaran Basis Data dan penerapannya

a.Berapakah Jumlah mahasiswa yang mengikuti kuliah basis data ?
b.Siapa Saja yang lulus pada periode Oktober Tahun ini ?
c.Berapa SKS yang diperoleh oleh mahasiswa registrasi Yessi ?

Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan seperti itu dapat diperoleh dengan cepat,dalam Hitungan Detik,Bila melibatkan system Basis Data : namun akan sangat membosankan dan memakan waktu banyak bila system manual yang digunakan..


Contoh di atas hanya,merupakan salah satu contoh penerapan basis data. Berapa Contoh berikut memberikan gambaran seberapa jauh penerapan basis data.

A.Perusahaan Kredit Mobil

Perushaan "Riki Mobilindo" merupakan perusahaan yang cukup terkenal dalam di bidang penjualan mobil secara kredit. Usaha Ini sudahBerjalan Hampir sepuluh Tahun dan Pelanggannya sudah banyak.

Sesekali Pak Riki,Pemiliknya, Mendapat pertanyaan dari pelanggannya via Telpon "Halo,Pak Riki,Masih ingat saya ? Saya Pak Awan saya mau membayar kredit mobil dan dendanya selama dua bulan, karena saya berhubung berda diluar negeri. Tentu saja Pak Riki tidak dapat menyampaikan berapa nominal yang harus dibayar ? dan harus menemui Staff/karyawannya dan harus membuka laci mencari buku pembayaran. Dalam sederet ini tentu membutuhkan waktu yang sangat lama dalam pencariaan Tagihan tersebut.


Lalu terlintas pada benak Pak Riki "Seandainya saya dengan mudah dan cepat tahu informasi hutang pelanggan,tentu lebih baik,saya bisa lebih cepat memberitahu berapa yang harus dibayar ? Pak riki bukanlah Seorang Pemprogram dan tidak tahu sama sekali bahasa pemprogrman.Oleh karena itu Pak Riki minta tolong kepada ahli computer. Beliau ungkapkan pemikiran-pemikiran yang muncul untuk mencari tahu nilai yang harus dibayarkan seseorang yang hendak melunasinya..

Sang ahlipun membuat suatu program computer yang biasa disebut sebagai program aplikasi.Program tersebut bisa melaksanakan berbagai tugas,termasuk mencetak faktur pembayaran angsuran.Program ini biasa disebut aplikasi piutang dagang.

Program yang dibuat itu sesungguhnya melibatkan suatu basis data,walaupun keberadaannya tidak perlu diketahui oleh pengguna seperti Pak Riki.

Dan masih banyak lagi yang menggunakan Basis data,Halnya seperti :
a.Perpustakaan Universitas
b.Sistem Perbankan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar